Wednesday

7 Kisah Lelucon April Mop Paling Melegenda di Segenap Penjuru Dunia

One web id — Bulan April telah tiba, hal yang paling berkesan di bulan april ini biasanya April Mop. April Fools' Day atau yang lazim kita sebut April Mop, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari tersebut, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Biasanya di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan hingga siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai 'April Mop'. Sementara di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari.
7 Kisah Lelucon April Mop Paling Melegenda di Segenap Penjuru Dunia

Tak tanggung-tanggung, bahkan April Mop juga banyak diperingati di Internet. Sebagaimana yang kita tau bahwa April Mop selalu identik dengan lelucon dan keiseng-keisengan, dan tak jarang orang-orang yang membuat lelucon ini akan membuatmu menggelengkan kepala karenanya. Di segenap penjuru dunia ini, ada beberapa lelucon April Mop paling terkenal dan melegenda di jagat raya. Mari kita simak kisah ini bersama-sama!

1. UFO Lands in London
Pada tanggal 31 Maret 1989, ribuan orang yang lagi mengendarai motornya di jalan tol di luar London melihat benda bersinar yang bentuknya kayak piring terbang di atas kota. Langsung mereka berhenti dan melihat benda aneh itu melayang-layang di langit. Setelah piring itu mendarat di pinggiran kota London, para penduduk langsung nelpon polisi untuk memperingatkan mereka tentang adanya invasi alien! Tak lama kemudian para polisi tiba di lokasi dan salah seorang dari mereka dengan berani mendatangi piring aneh itu. Waktu pintunya terbuka, sebuah sosok dengan baju warna silver muncul, dan polisi itu langsung lari ketakutan. Namun ternyata, piring aneh itu adalah balon udara yang telah direncanakan dan di buat sedeteil mungkin biar mirip UFO oleh Richard Branson, yaitu Chairman-nya Virgin Records. Namun sayang, rencana keduanya untuk ngerjain orang di tanggal 1 April gagal karena dia dan si UFO terbang tertiup angin sehingga dia terpaksa mendarat sehari lebih cepat dan di lokasi yang salah pula!

2. Wisconsin State Capitol Collapses
Pada tahun 1933, koran Madison Capital-Times mengumumkan bahwa Wisconsin State Capitol Building (Gedung ibukota negara bagian Wisconsin, AS) hancur karena rentetan ledakan misterius. Diberitakan bahwa ledakannya terjadi karena banyaknya gas hasil dari debat para anggota DPR yang membosankan selama berminggu-minggu. Ternyata ada fotonya juga! Meskipun untuk ukuran sekarang foto itu boleh dibilang tampak palsu, akan tetapi cukup meyakinkan di masa itu karena banyak pembaca yang percaya dan marah setelah melihatnya. Selain itu, ada juga yang bilang jika itu sama sekali tidak lucu. Meski begitu, pada tahun 1985, The Science Digest menobatkan hoax ini sebagai salah satu yang terbaik yang pernah ada.

3. The Swiss Spaghetti Harvest
Pada musim dingin tahun 1957, stasiun TV BBC mengumumkan bahwa para petani di Swiss bisa memanen spaghetti sebab pada waktu itu musim dinginnya hangat dan serangga-serangga yang gemar makan spaghetti telah musnah semuanya. Selain itu ada videonya juga! Setelah acara itu, banyak sekali penonton yang menelpon BBC untuk menanyakan bagaimana caranya supaya mereka bisa menanam pohon spaghetti sendiri. Tapi dasar iseng, BBC justru menjawabnya dengan menyuruh mereka untuk menaruh sedikit spaghetti di kaleng yang diisi saus tomat dan berharap agar spaghetti-nya tumbuh. Ada yang tertarik untuk mencobanya dirumah?

4. The Sydney Iceberg
Pada tanggal 1 April 1978 silam, sebuah kapal tanker muncul di pelabuhan Sydney (Sydney Harbor), menarik sebuah gunung es raksasa dan disaksikan oleh para penduduk Sydney. Kala itu mereka sudah tau jika akan ada gunung es datang karena Dick Smith yaitu pemilik Dick Smith̢۪s Foods yang juga petualang dan sekaligus jutawan, sudah heboh mempromosikan hal ini sejak lama yang menyatakan bahwa dia bakal membawa gunung es dari Antartika yang kemudian bakal dipotong kecil-kecil (seperti es batu) dan dijual ke publik seharga 10 sen per buah. Menurutnya, es batu spesial ini diambil dari air murni di Antartika, dan dia menjanjikan jika minuman apapun yang diberi es ini rasanya akan lebih enak. Bahkan saking hebohnya, stasiun-stasiun radio lokal hingga membuat liputan yang di update terus-menerus dari lokasi. Sayangnya, prank ini akhirnya ketahuan karena hujan! Waduh, langsung deh tuh busa pemadam api dan shaving cream yang membungkus si es raksasa itu larut terkena air dan lapisan-lapisan plastik yang ada di bawahnya terlihat.

5. The Taco Liberty Bell
perusahaan tako terkemuka Amerika, The Taco Bell Corporation pada tahun 1996 silam mengumumkan bahwa mereka sudah membeli Lonceng Liberty (Liberty Bell) dan dinamain Taco Liberty Bell. Kala itu ratusan penduduk Philadelphia, AS, langsung menelpon Taman Sejarah Nasional, tempat lonceng itu diletakan, untuk protes dan marah pastinya karena Liberty Bell itu merupakan lonceng bersejarah dari masa Perang Revolusi Amerika! Beberapa jam kemudian, Taco Bell mengumumkan jika hal itu semua hanyalah joke! Lucunya, ada yang bertanya ke sekretaris jurnalis White House, Mike McCurry, tentang penjualan Liberty Bell ke Taco Bell tersebut. Memang dasar iseng, McCurry justru bilang jika Lincoln Memorial  yaitu gedung yang dibangun untuk mengenang mantan Presiden AS yang ke-16, Abraham Lincoln juga telah dijual!

6. Flying Penguins
Tampaknya BBC memang gemar membuat lelucon April Mop untuk para pemirsanya. Buktinya pahun 2008 yang lalu, mereka mengumumkan jika juru kamera mereka yang sedang shooting di Antartika untuk serial TV Miracles of Evolution merekam beberapa penguin Adelie terbang ke langit. Tak tanggung-tanggung, bahkan mereka memiliki video tentang penguin-penguin terbang itu. Alhasil, video itu menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton di internet. Presenter Terry Jones bilang jika penguin-penguin itu tidak berada di Antartika dan berdingin-dingin ria, tapi mereka justru terbang ke Amerika Selatan untuk bersantai di hutan-hutan tropis disana.

7. The Left-Handed Whopper
Diantara kalian mungkin ada yang tau restoran fast food Burger King kan? Dan tau menu-nya yang paling terkenal donk? Ya, Whopper! Usut punya usut pada tahun 1998 silam, si Burger King ini bikin iklan di koran USA Today tentang produk baru mereka 'Left-Handed Whopper' atau Whopper untuk orang kidal. Menurut iklannya, isi Left-Handed Whopper ini hampir sama seperti Whopper yang biasanya, namun semuanya dirotasi hingga 180 derajat agar orang kidal mudah untuk menyantapnya. Kemudian keesokan harinya, Burger King membuat pengumuman jika "Left-Handed Whopper" itu cuma lelucon. Meski begitu, rupanya masih banyak yang datang kesana dan memesan Whopper versi baru itu. Namun banyak pula yang memesan versi "right-handed" alias Whopper yang normal.



No comments:

Mobile version